Usai F1PowerBoat, Pemkab Toba Kerahkan Ratusan Relawan Razia Sampah

oleh Ahmadi

Share via
  • Masyarakat harus semakin sadar masalah sampah berkaitan dengan kunjungan pariwisata di Danau Toba yang sekarang mulai pulih. Ratusan relawan ikut serta menyisir sampah di sekitar event internasional itu

envira, Jakarta—Perhelatan F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara telah usai Minggu (26/2) lalu. Untuk menjaga destinasi wisata itu tetap bersih Dinas Lingkungan Hidup setempat bergerak melakukan pembersihan di seluruh wilayah pelaksanaan.

Razia sampah yang dilakukan 26 anggota petugas kebersihan dan 230  relawan tak hanya membersihkan lokasi event, tetapi juga menyisir di sekitar pantai Danau Toba, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Bypass.

“Seluruh bentuk sampah segera akan dieksekusi. Baik disepanjang pinggiran pantai maupun dalam kota serta Jalan Bypass,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Lindup) Kabupaten Toba, Rajaipan Sinurat, Senin (27/2) saat memantau Kebersihan yang dilakukan timnya dan para relawan.

Ia mengatakan situasi kebersihan pasca pelaksanaan butuh penanganan serius demi menjaga kebersihan lingkungan kota dan pantai.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Dinas Lindup, Lahsa Manulang. Katanya, penanganan sampah tidak semata pembersihan namun diharapkan bagaimana masyarakat tetap terjaga akan kebersihan lingkungan. “Pariwisata sudah mulai terwujud tentu tanggungjawab kebersihan tidak semata hanya dinas Lindup yang terbaik bagaimana masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Menurut Lahsa, berbagai upaya sudah dilakukan untuk memberi kesadaran bagi masyarakat secara khusus sosialisasi dan edukasi. “Harapan kami karena sekarang sudah dipastikan bagaimana manfaat daerah wisata tentu menjadi satu kesempatan lebih peduli akan kebersihan,” ucapnya.

Ia mengatakan, sasaran tugas pembersihan lokasi setelah pelaksanaan event F1 PowerBoat selain kawasan pantai juga seluruh lokasi kantong parkir yang disediakan oleh panitia. “Tak lelah kami menganjurkan kepada masyarakat supaya turut mendukung secara bersama arti daerah destinasi wisata,” ucapnya. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?