Jawa Timur Miliki Hutan Mangrove Terluas se-Pulau Jawa

oleh Ahmadi

Share via
  • Sebagai bentuk komitmen Indonesia menghadapi perubahan iklim, luasan hutan mangrove diupayakan terus ditambah.

envira.id, Jakarta — Siapa yang baru tahu kalau Jawa Timur ternyata menjadi provinsi yang memiliki hutan mangrove terluas se-Pulau Jawa? Total luas hutan mangrove di Jawa Timur ini mencapai 27.221 Ha. Capaian ini merupakan salah satu usaha Pemprov Jatim untuk menanggulangi perubahan iklim.

Setelah Jawa Timur, luas hutan mangrove berikutnya adalah Jawa Tengah (15.089 Ha.), kemudian Jawa Barat (9.941 Ha), Banten (3.555 Ha) dan DKI Jakarta (682 Ha). Secara total luas hutan mangrove di Pulau Jawa adalah 56.500 Ha. Sedangkan total hutan mangrove di Indonesia seluas 3,36 juta Ha. Hutan mangrove terluas ada di Papua (1.582.505 Ha). Disusul Kalimantan (680.02 Ha), Sumatra (660.445 Ha), Maluku (224.046 Ha), Sulawesi (137.160 Ha), dan Bali Nusra (39.974 Ha).

Dengan keadaan ini tidak heran jika hutan mangrove Indonesia menyumbang 20-25% ekosistem hutan mangrove dunia. Komitmen Indonesia untuk menjaga bumi berjalan secara berkelanjutan tecermin dari sikap Presiden Joko Widodo yang ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia telah berbuat konkret dalam menghadapi perubahan iklim.

Maka, pada momen KTT G20 di Bali, Jokowi mengajak para pemimpin dan lembaga internasional untuk menanam mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, sekaligus menyaksikan apa yang telah dilakukan Indonesia untuk memperbaiki lingkungan.

Momen itu jelas bukan sekadar seremonial. Dalam “G20 Bali Leaders’ Declaration” bahkan ada 5 pasal (butir 13 hingga 17) yang secara tegas menyatakan komitmen para negara anggota G20 untuk mendukung permasalahan iklim global.

“Indonesia mengajak negara anggota G20 untuk berkolaborasi, bekerja sama dalam sebuah aksi nyata untuk pembangunan hijau, pembangunan ekonomi hijau yang inklusif,” kata Jokowi di hadapan pimpinan negara usia menanam mangrove di Tahura. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?