Wali Kota Padang Ajak Masyarakat Aktifkan Bank Sampah

oleh Ahmadi
  • Bank sampah mampu mengurangi sampah yang dibuang ke TPA, yang per harinya mencapai 600 ton.

envira.id, Jakarta—Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak masyarakat bersama-sama mengaktifkan bank sampah sebagai upaya mengurangi persoalan sampah di Kota Padang.

“Sebab, menjaga kebersihan lingkungan setempat adalah sebuah keharusan.Selain itu, bank sampah bisa menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis,” kata Hendri di Kecamatan Koto Tangah, Senin (2/10).

Untuk mengatasi sampah lingkungan, yang bertujuan untuk kenyamanan bersama, dia menekankan, maka semua pihak harus bersinergi bersama-sama mengaktifkan Bank Sampah di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Dengan mengaktifkan bank sampah, lanjut dia, mampu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin, yang jumlahnya per harinya menghasilkan sampah lebih dari 600 ton dari Kota Padang.

“Masyarakat dapat menyetorkan sampah yang sudah dipilah terlebih dahulu ke bank sampah. Untuk jenis sampah yang diterima oleh bank sampah tentunya meliputi sampah kering seperti plastik, kertas, botol, kardus, aluminium dan besi,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Hendri menyerahkan dana operasional RT/RW, guru TPQ/TQA dan MDT, imam masjid, kader Paud, dan kader Posyandu Triwulan III tahun 2023 se-Kecamatan Koto Tangah bertempat di Aula Kantor Camat Koto Tangah

Camat Koto Tangah Darmalis menyebutkan, jumlah dana operasional yang diserahkan untuk triwulan III ini sebesar Rp. 2,1 miliar yang diperuntukkan bagi 701 RT, 181 RW, 46 Kader PAUD dan 690 kader Posyandu, 75 orang Imam Masjid, 81 orang guru MDT, 541 guru TPQ/TQA. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?