Intensitas Karhutla Naik, Palangka Raya Tetapkan Status Tanggap Darurat

oleh Ahmadi

Share via
  • Saat ini yang diutamakan Pemkot setempat adalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pelayanan dasar lain. 

envira.id, Jakarta—Kota Palangka Raya ditetapkan sebagai wilayah tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyusul peningkatan kasus kebakaran lahan dan udara yang diselimuti kabut asap.

“Pemerintah perlu mengambil tindakan lebih lanjut, salah satunya dengan menetapkan status tanggap darurat karhutla,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, melalui keterangan tertulisnya, Senin (2/10).

Dengan penetapan status tersebut, kata dia, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui dinas terkait akan memenuhi indikator-indikator yang harus dilengkapi saat status tanggap darurat karhutla bencana ditetapkan.

Yang jelas, tegas dia, saat ini pihaknya mengutamakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pelayanan dasar lain.

“Tentu saja tim pemadam terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan,” katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kota-kota besar seperti Palembang, dan Palangkaraya sehari penuh dikurung asap hingga keluarnya peringatan dini yang cukup ekstrem untuk provinsi Kalimantan Tengah.

Peringatan dini yang cukup ekstrem dari BMKG untuk Kalimantan Tengah yang beribukota di Palangkaraya itu adalah, agar masyarakat mewaspadai potensi angin kencang, terjadinya kebakaran hutan dan lahan, penurunan kualitas udara hingga imbauan mengurangi kegiatan di luar rumah bagi masyarakatnya.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat di Kalimantan Tengah untuk tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend