Semangat Jaga Lingkungan, Swasta Genjot Kurangi Limbah Plastik

oleh Ahmadi

Share via
  • Kolaborasi dua pihak swasta ini berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota komunitas pengumpul plastik di Indonesia.

envira.id, Jakarta—Persoalan sampah yang hingga kini masiih tinggi memerlukan peran banyak pihak, termasuk pihak swasta. Salah satunya dilakukan oleh  ESTA Corporation bersama perusahaan sosial Plastic Bank.

Kolaborasi ini diyakni dapat memberikan dampak lingkungan hingga tiga kali lipat, dan sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraan terhadap lebih banyak komunitas pengumpul plastik di Indonesia.

Sebagai informasi, pada 2023, kemitraan ESTA dan Plastic Bank berhasil mengumpulkan 20.000 kilogram plastik atau setara dengan 1 juta botol plastik berukuran 500 mililiter. Jumlah yang besar ini mampu mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Atas keberhasilan ini, ESTA berkomitmen untuk melipatgandakan dampak lingkungan melalui kerja sama dengan Plastic Bank untuk mengumpulkan 40.000 kilogram plastik atau setara dengan 2 juta botol plastik berukuran 500 mililiter pada tahun 2024.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya kami dalam pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inisiatif tersebut,” kata Direktur Utama ESTA Melvin Wangkar dalam keterangan di Jakarta, Rabu (7/2).

Melvin menegaskan, kolaborasi dua pihak ini juga berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota komunitas pengumpul plastik di Indonesia.

Caranya, plastik yang dikumpulkan oleh anggota komunitas dapat ditukar dengan token Plastic Bank untuk mendapatkan berbagai manfaat sosial lain, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan voucher sembako.

Sementara itu, Country Manager Plastic Bank Indonesia Frederick Saman mengatakan, kolaborasi itu memang bertujuan untuk mengatasi polusi plastik dan kemiskinan di Indonesia.

Plastic Bank mengidentifikasi berbagai wilayah di Indonesia mengalami kekurangan infrastruktur pengumpulan sampah plastik. Karena itu ia mengajak dan ingin memberdayakan pengepul lokal untuk menjadi mitra pengumpulan plastik daur ulang.

Sebagai informasi, saat ini ada 17.000 anggota komunitas pengumpul plastik daur ulang dan 230 mitra pengepul di Indonesia. Plastic Bank telah mengumpulkan lebih dari 58 juta kilogram plastik daur ulang dan mencegah pencemaran lingkungan di pantai-pantai Indonesia. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend