Permudah Warga Kelola Sampah, Pemkot Palangka Raya Luncurkan “Info Pak Sam”

oleh Ahmadi

Share via
  • Aplikasi ini dapat memperkuat upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran sampah ilegal

envira.id, JakartaPemerintah Kota Palangka Raya meluncurkan aplikasi “Info Pak Sam”, yakni informasi tentang lokasi prasarana persampahan kepada masyarakat.

Aplikasi ini menyediakan data tentang Tempat Penampungan Sampah (TPS), Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), Pusat Daur Ulang (PDU), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan sistem pemetaan yang mudah digunakan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Palangka Raya, Teguh Jaya Permana, mengatakan, aplikasi ini sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Melalui Info Pak Sam, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui lokasi prasarana persampahan terdekat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Langkah ini dapat memperkuat upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran sampah ilegal di wilayah Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut Teguh menambahkan, dengan adanya akses informasi mengenai lokasi dan kapasitas prasarana persampahan, maka Pemerintah Kota Palangka Raya dapat merencanakan dan mengimplementasikan strategi pengelolaan sampah yang lebih efektif.

Selain itu, sambung dia,  masyarakat dapat memastikan,  sampah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan, karena suda dengan mengetahui lokasi TPS dan TPA yang tersedia di sekitar mereka,” tambahnya.

Selain itu, sambung dia,  masyarakat dapat memastikan,  sampah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan, karena sudah mengetahui lokasi TPS dan TPA yang tersedia di sekitar mereka.

“Ini jadi satu langkah konkret dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Palangka Raya, serta mencegah polusi akibat sampah yang tercemar,” tandasnya.

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend