Pemkot Jakarta Utara Kembali Gencarkan Uji Emisi

oleh Ahmadi

Share via
  • Uji emisi merupakan upaya Pemkot Jakarta Utara  menjaga polusi udara. Di sisi lain, uji emisi merupakan kewajiban pemilik kendaraan.

envira.id, Jakarta—Udara Jakarta yang masih diselimuti polusi memerlukan peran serta warga. Salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas udara adalah melakukan uji emisi terhadap kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

“Kendaraan layak jalan tentu harus dalam kondisi fit dan tidak mengeluarkan asap yang melebihi ambang batas,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Evy Sulistyowati di Jakarta, Selasa (28/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan, uji emisi merupakan upaya Pemkot Jakarta Utara dalam  menjaga kondisi udara dari polusi udara. Di sisi lain, uji emisi merupakan kewajiban pemilik kendaraan.

Artinya, jika kendaraan lolos uji, berarti layak jalan dan jika tidak lolos maka direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan di bengkel.

Lebih lanjut, Evy mengatakan, saat Peringatan Hari Sampah Nasional, pihaknya memberikan uji emisi gratis kepada masyarakat di sekitar Kantor Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Sedangkan untuk kendaraan dinas, kata dia, dilakukan uji emisi sesuai dengan permintaan instansi.

Seiring dengan itu, pihaknya juga menggelar razia uji emisi di sejumlah titik di Jakarta Utara (Jakut) dan dilakukan empat kali dalam setahun.

Pada bulan Februari sudah dilakukan razia dan selanjutnya digelar lagi pada bulan Mei mendatang.

“Melalui razia ini kami berharap kepedulian masyarakat akan emisi yang dihasilkan kendaraan mereka lebih baik lagi,” kata dia. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?