Pasukan Oranye Bergerak Cepat Bersihkan Sampah Tahun Baru

oleh Ahmadi

Share via
  • Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada warga Jakarta yang akan beraktivitas pagi hari.

envira.id, Jakarta —  Malam Perayaan Tahun Baru 2023 menyisakan banyak sampah. Namun begitu, kesiapsiagaan dan persiapan petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jakarta, Ibu Kota bersih sebelum subuh.

Seperti dilakukan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur. Pasukan kebersihan yang terdiri dari 500 orang itu segera melakukan bersih-bersih begitu pesta pergantian tahun selesai. 

Mereka bergerak di sudut-sudut keramaian, jalan raya hingga lokasi wisata yang menjadi titik kumpul perayaan.

Para petugas kebersihan ini jauh hari sebelumnya sudah melakukan persiapan, baik peralatan maupun kesiapan personel. Begitu waktu menunjukkan pukul 01.00 wib, petugas langsung bergerak ke seluruh penjuru wilayah Jakarta Timur. 

Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada warga Jakarta yang akan beraktivitas pagi hari.

Hal sama juga dilakukan Sudin Jakarta Barat. Pasukan oranye langsung bergerak begitu pesta usai. Mereka, yang dibagi ke beberapa tim langsung menuju zonasi yang sudah dibagi sebelumnya. 

Untuk efektivitas kegiatan, tim juga dibagi berdasarkan tugasnya, seperti tim comot, germor, mobil lintas dan truk tryer.

Sudin lainnya, yakni Jakarta Pusat, Sudin Jakarta Utara, dan Sudin Jakarta Selatan juga melakukan hal yang sama. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, pihaknya, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI, mengerahkan 3.180 petugas.

Sudin LH juga mengerahkan petugas tambahan dari Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air untuk membantu kebersihan dan bekerja sama dengan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan di wilayah masing-masing.

Untuk sarana penanganan kebersihan, dikerahkan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend