Sampah Tahun Baru 2023 Lebih Kecil dari Perayaan Sebelum Pandemi

oleh Ahmadi

Share via
  • Ribuan pasukan dan puluhan armada sudah dimobilisasi sejak pukul 0.30 WIB. Subuh, Jakarta sudah kembali bersih.

envira.id, Jakarta — Sesuai prediksi, sampah pada malam perayaan Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta melonjak dibandingkan dua tahun masa pandemi. Meski begitu, jumlahnya masih lebih kecil ketika keramaian Tahun Baru 2020, saat Indonesia belum ditetapkan masuk era pandemi.

Pada perayaan Tahun Baru 2018, total sampah yang berhasil dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencapai 780 ton. Jumlah ini terus menurun tiga tahun berikutnya 2019, 2020 dan 2021 berturut-turut 370 ton, 125 ton, dan 3,2 ton.

Tahun ini, sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai 74 ton. Salah satu penyebab “minimnya” sampah pada perayaan tahun ini dibandingkan sebelum pandemi karena masyarakat yang hadir di beberapa titik keramaian tidak seramai sebelumnya sehingga hal ini membuat sampah yang ditinggalkan warga pun sedikit.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, petugas bergerak cepat membersihkan sampah begitu keramaian tahun baru selesai. Sampah di seluruh DKI dapat dibersihkan sesuai target, yakni subuh atau sekitar pukul 05.00 WIB selesai.

“Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB,” terang Asep.

Untuk membersihkan seluruh wilayah DKI, Dinas LH DKI Jakarta mengerahkan 3.180 petugas, disebar ke lima wilayah Kota Administrasi.

Petugas terutama dikerahkan di daerah-daerah yang menjadi pusat perayaan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), area Pos Bloc, area Sarinah, area Stasiun MRT Bundaran HI, area Jalan Imam Bonjol Bundaran HI, area Da Vinci Penthouse, area SCBD, area FX Sudirman, area Patung Pemuda Membangun, dan area M Bloc Space.

Adapun festival di berbagai tingkat kota/kabupaten yang berada di enam lokasi, yaitu Jakarta Pusat berlokasi di Thamrin 10, Jakarta Utara di Halaman Wali Kota Jakarta Utara, Jakarta Barat di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Kemudian, Jakarta Selatan berlokasi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Timur berlokasi di Old Shanghai dan Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.
Selain itu, Kawasan Monumen Nasional (Monas), Kota Tua, dan Ancol Taman Impian juga akan dibuka saat Malam Perayaan Tahun Baru 2023.

Untuk sarana penanganan kebersihan, dikerahkan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend