Mikro-organisme EM6 Hilangkan Bau Busuk Sampah. Kok Bisa?

oleh Envira ID

Share via

Envira.id, Surabaya – Bau tak sedap di Tempat Pemrosesan  Akhir (TPA) sampah  Benowo, Surabaya, sedang menjadi perhatian publik. Kini  Pemerintah Kota Surabaya tengah berupaya menghilangkan bau busuk di TPA  yang lokasinya tak jauh dari  Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) itu.

Pemkot Surabaya harus bergerak cepat karena Stadion Gelora Bung Tomo akan menjadi tempat pertandingan babak kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Pertandingan dijadwalkan berlangsung 14-18 September 2022.

“Komitmen kami, tidak bau untuk Gelora Bung Tomo. Untuk di TPA  harus hilang baunya, terutama pada saat pertandingan AFC U-20,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya,  Agus Hebi Djuniantoro, kepada awak media, baru -baru ini.

Bagaimana caranya? Menurut Agus Hebi Djuniantoro,  akan  dilakukan penyemprotkan mikro-organisme EM6 di TPA Benowo.  Selain itu sampah juga bakal ditutup dengan geomembran.

Pengamat Lingkungan,  Sony Teguh Trilaksono, berpendapat, wajar jika  tumpukan sampah  di TPA menyebarkan  bau busuk. Itu terjadi karena karena  material sampah tercampur yang membusuk dan sulit terurai.

Larutan EM6, menurut Sony, biasa dipakai dalam pengomposan  sampah  organik. “Fungsinya untuk mempercepat proses fermentasi  material organik dan menghilangkan bau,” ujarnya kepada Envira

Namun, Tambah Sony, Larutan EM6 sebenarnya kurang efektif untuk menghilangkan bau sampah di TPA yang merupakan  limbah campuran organik dan non-organik.  “Tetapi tetap bisa mengurangi bau,” katanya.

Selain menyemprot EM6, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya juga akan menutup sampah di TPA Benowo dengan geomembran. Menurut Sony, itu langkah yang tepat.

“ Penutupan dengan geomembran  dapat mempercepat proses fermentasi  dan mengurangi bau sampah,” ujarnya.

TPA Benowo seluas 37,4 hektare, berlokasi di kelurahan Romokalisari Surabaya, berbatasan dengan kabupaten Gresik. Setiap hari sekitar 1.500 ton sampah diolah di sini.

Selain  mengolah sampah menjadi energi listrik, TPA Benowo juga mengelolah sampah menjadi pupuk. TPA ini dikelola oleh pihak swasta  bekerja sama degan Pemkot Surabaya. (Gus)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?