Menuju Kemandirian Pengelolaan Sampah, Bantul Kejar Penyelesaian 3 TPST

oleh Ahmadi

Share via
  • Gubernur DIY mendorong  desentralisasi pengelolaan sampah, sehingga menjadi tanggung jawab masing-masing kabupaten/kota.

envira.id, Jakarta—Upaya pengelolaan sampah terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Di tahun 2024 ini, tengah diupayakan pembangunan pusat pengolahan sampah terpadu di tiga lokasi.

Tiga lokasi pengelolaan sampah terpadu itu adalah TPST Bawuran Pleret, TPTS Modalan Banguntapan, dan TPST Dingkikan, Argodadi Sedayu.

“Untuk kawasan pengolahan sampah pusat karbonasi di Bawuran akhir bulan April selesai, sehingga awal Mei beroperasi, kemudian TPST di Modalan selesai bulan September, kemudian di Argodadi selesai bulan September, sementara pengolahan sampah di Niten sudah beroperasi,” terang Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Senin (11/3).

Kondisi ini, tegas dia, menjadikan Pemkab Bantul semakin siap dalam menuju kemandirian pengelolaan sampah tingkat kabupaten.

Apalagi  TPST Piyungan yang merupakan tempat pembuangan akhir (TPA) regional DIY pada April akan ditutup oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Dengan ditutupnya TPST Piyungan, kata dia, Gubernur DIY mendorong  desentralisasi pengelolaan sampah, sehingga menjadi tanggung jawab masing-masing kabupaten kota.

“Karena itulah, kita lalu bergerak untuk menyambut era desentralisasi pengelolaan sampah di DIY,” katanya.

Namun, Abdul Halim menegaskan, pembangunan TPST bukan satu-satunya upaya yang dilakukan Pemkab dalam mengolah sampah.

Sebelumnya, sambung dia, sudah dilakukan pembangunan instalasi pengolahan sampah di beberapa kelurahan.

Beberapa kelurahan sudah memiliki instalasi pengolahan sampah di antaranya, Panggungharjo, Guwosari, Potorono, Karangtengah, dan Bangunharjo

“Namun, pemerintah lah yang memfasilitasi munculnya kemandirian pengelolaan sampah di level kelurahan,” tutup dia.

Penulis: Ahmadi Supriyanto ini

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?