TPS-3R MUNCAR Terbaik Nasional, Bisa Dijadikan Contoh

oleh Ahmadi

Share via
  • Prestasi ini dimulai dari inisiatif warga Desa Tembokrejo yang membuat TPS pada 2016

envira.id, Jakarta—Salah satu model Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang bisa ditiru karena kerja operasionalnya yang baik adalah Tembokrejo.

TPS-3R Tembokrejo yang berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, layak dicontoh karena menyabet Piala Adipura 2023 sebagai TPS 3R Terbaik Nasional dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Plakat Adipura merupakan salah satu kriteria penghargaan pada Anugerah Adipura dari Kementerian LHK, dan penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki lokasi dengan rata-rata nilai tertinggi nasional salah satunya untuk kategori TPS-3R terbaik.

Sebagai wujud rasa syukur, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pemkab memberikan ‘hadiah’ gerobak sampah motor kepada pengurus TPS-3R Muncar.

“Terima kasih kepada semua warga dan juga pengelola TPS-3R yang telah gigih dan berkomitmen dalam melakukan pengelolaan sampah,” kata Ipuk, Minggu (10/3).

Salah satu faktor dipilihnya TPS-3R ini karena TPS-3R Muncar telah melakukan pengelolaan sampah dengan mekanisme sistematis, serta adanya keterlibatan aktif 7.500 warga desa dalam mendukung program persampahan melalui iuran warga.

Yang jelas, sambung Ipuk, penanganan sampah di Muncar dimulai dari inisiatif warga Desa Tembokrejo yang membuat TPS pada 2016

Kemudian, sambung Ipuk, dan pada 2018 Pemerintah Norwegia bersama korporasi Borealis dari Austria melibatkan NGO Systemiq untuk melakukan pendampingan masyarakat yang diberi nama Project STOP.

“Warga lalu diedukasi mengelola sampah secara profesional dengan mengadaptasi sistem sirkular, sampah rumah tangga dipilah lalu dikelola di TPS-3R,” tegas dia.

Yang membuat TPS-3R ini bagus karena sudah sanggup berjalan mandiri dan berkelanjutan di bawah pemerintahan desa.

Bahkan, kata Ipunk, saat ini mampu melakukan ekspor plastik daur ulang ke Austria sebanyak 8 ton dan Malaysia sebanyak 6 ton setiap bulannya.

Ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi Dwi Handayani, TPS-3R Muncar telah memiliki Sertifikat Kredit Plastik.

Sertifikat Kredit Plastik adalah instrumen keuangan baru untuk memberi insentif pada penghapusan plastik dari lingkungan, termasuk daur ulang plastik menjadi produk baru dan kemasan.

Mekanisme insentif yang dikeluarkan oleh lembaga internasional Verra ini diberikan kepada organisasi pengumpul dan pendaur ulang plastik. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?