Berbenah Ciliwung Ala ASDP

oleh Ahmadi

Share via
  • ASD memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

envira.id, Jakarta—Persoalan sampah yang terjadi di Sungai Ciliwung dari waktu ke waktu membutuhkan perhatian serius. Pihak yang turun tangan di antaranya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Dalam aksinya, ASDP berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok menjaga kelestarian lingkungan kota dengan menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung.

Gelaran bersih-bersih ini dilakukan sebagai bagian dari memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/3).

“Bagi perseroan, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata tetapi juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam acara tersebut.

Kegiatan memperingati HPSN meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung.

Pada kegiatan itu, lanjut Shelvy, pihaknya melibatkan komunitas serta relawan yang merupakan karyawan ASDP untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung serta melakukan edukasi langsung dengan menyebarluaskan poster-poster ramah lingkungan.

Bersamaan dengan itu,  ASDP juga melepaskan ikan-ikan khas Ciliwung untuk menjaga kelestarian fauna di Sungai Ciliwung.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), terdapat sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun di 123 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023 dengan total sampah yang belum terkelola sebanyak 5,8 juta ton atau setara dengan 33,1 persen dari timbunan sampah yang ada.

Melihat data sampah yang begitu besar, langkah ASDP bersama relawan membersihkan sampah Sungai Ciliwung sesuai dengan komitmen ASDP mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama pada Nomor 12, 13, dan 14 yang berkaitan dengan Lingkungan dan Penggunaan Plastik.

Pada  kegiatan bersih-bersih selama 45 menit itu, ASDP bersama dengan komunitas Ciliwung berhasil mengumpulkan sebanyak 1.214,5 kg atau setara114 kantong.

Sebagai operator kapal dan pelabuhan, ASDP memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain melakukan aksi langsung, ASDP juga telah mengimplementasikan sejumlah program TJSL lainnya seperti penyediaan Reverse Vending Machine (RVM), penanaman pohon di seluruh cabang, dan Ocean Clean Up Day.

Lebih lanjut Shelvy mengatakan, dalam menjaga kelestarian lingkungan dilakukan 5idal sekadar bentuk tanggung jawab perusahaan tetapi juga bagian dari wujud nyata ASDP untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melindungi warisan alam bagi generasi mendatang.[]

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend