Bank Sampah Jaktim Sabet Penghargaan dari KLHK

oleh Ahmadi

Share via
  • Bank sampah juga merupakan mitra strategis dalam penerapan kewajiban produsen dalam pengurangan sampah

envira.id, Jakarta—Bank Sampah Gunung Emas menyabet gelar sebagai Bank Sampah Terbaik 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bersama sembilan bank sampah lainnya dari seluruh Indonesia, Bank Sampah Gunung Emas, menerima penghargaan langsung dari Menteri LHK Siti Nurbaya, Selasa, 13 Juni 2023.

Menteri Siti pada kesempatan tersebut mengapresiasi para tokoh penggiat bank sampah yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam pengelolaan sampah di lingkungannya masing—masing.

“Bank sampah memiliki peran strategis sebagai sarana edukasi, instrumen perubahan perilaku masyarakat dan moda penerapan ekonomi sirkular di Indonesia dalam rantai nilai pengelolaan sampah,” kata Menteri Siti.

Lebih jauh, ia mengatakan, keberadaan bank sampah dapat menjadi salah pintu masuk terpilihnya sampah di sumber, menentukan ketersediaan dan kualitas sampah sebagai materi daur ulang untuk pemenuhan bahan baku industri daur ulang dalam negeri.

Selain itu, Menteri Siti mengatakan, bank sampah juga merupakan mitra strategis dalam penerapan kewajiban produsen dalam pengurangan sampah. Menurut data Sistem infrmasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), jumlah Bank Sampah di Indonesia saat ini telah mencapai 25.540 unit.

Apresiasi yang tinggi diberikan Menteri Siti kepada pengelola bank sampah atas ketulusannya dalam kerja—kerja edukasi untuk pemahaman bagi masyarakat agar bisa mengurangi sampah di sumbernya, serta memilah sampah di rumah.

“Tentu saja ada peran penggerak Bank Sampah yang juga penting di sini, untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih,” ucap Menteri Siti. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend