Bagi-Bagi Pupuk Olahan Sampah Gratis, DLHK Kota Depok Ajak Masyarakat Pilah Limbah

oleh Ahmadi

Share via
  • DLHK Kota Depok ingin menunjukkan pada warga Depok bahwa memilah sampah dari rumah punya banyak manfaat yang dapat dirasakan langsung. 

envira, Jakarta—Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok bakal membagikan 3.600 kantong pupuk, masing-masing 5 kg untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada warga di sejumlah titik yang telah disiapkan.

Yang menarik, pupuk yang akan dibagikan tersebut merupakan hasil pengolahan sampah organik Unit Pengolahan Sampah (UPS) se-Kota Depok. Sampah organik ini diolah setelah sebelumnya dilakukan pemilahan dari sumbernya. 

Sumber sampah yang dimaksud adalah sampah rumah tangga, restoran dan pasar. “Jadi, kami imbau masyarakat untuk mulai pilah sampah dari rumah masing-masing,” kata Kepala DLHK Kota Depok Ety Surhati, Sabtu (11/2).

Sebagai gambaran saja, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok, pada Mei 2022, sudah mengalami kelebihan kapasitas, hingga menerima 1.100 ton per harinya. Kondisi ini sering kali menyebabkan longsor pada tumpukan sampah yang sudah menggunung.

Kegiatan bagi-bagi pupuk ini merupakan rangkaian menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari. Pembagian pupuk olahan sampah ini akan dilakukan selama dua kali, yakin tanggal 12 dan 19 Februari 2023. “Kami akan bagikan pupuk gratis kepada siapa saja yang membutuhkan, satu orang satu kantong pupuk,”  ujar Ety.

Sedangkan pembagian pada 12 Februari ada di Lapangan Jalan Jawa Beji, Perumahan Telaga Golf Bojongsari, Bayun Sukatani. Kemudian, alun-alun Kota Depok GDC dan Situ Pengasingan Bojongsari.

Untuk pelaksanaan tanggal 19 Februari 2023 dilakukan di Jalan Raya Juanda, Lapangan Pemuda Limo, Jalan Merdeka Sukmajaya, Tol Andara Pangkalan Jati, Alun-Alun Kota Depok GDC, Shilla at Sawangan Bojongsari.[]

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?