Agustus 2024, TPST IKN Beroperasi

oleh Ahmadi

Share via
  • Penempatan satu lokasi yang sama dalam mpengelolaan sampah di IKN dapat menjadikan IKN kawasan ramah lingkungan.

envira.id, Jakarta—Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) dan instalansi pengolahan air limbah (IPAL) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, mulai beroperasi Agustus 2024.

“Jangan sampai ada keterlambatan konstruksi. Keduanya harus bisa mulai beroperasi Agustus tahun 2024 ini,” katanya, di Jakarta, Rabu (17/1).

Dikatakan Basuki, konstruksi IPAL 1,2, dan 3 di IKN mulai dikerjakan sejak awal Desember 2023, dengan progres mencapai 14,56 persen. Sedangkan anggaran pembangunan yang dibutuhkan mencapai Rp638,8 miliar.

Basuki lebih lanjut mengatakan, pengolahan air limbah IKN menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR). Sistem ini dilakukan dengan cara air limbah domestik dialirkan melalui jaringan perpipaan menuju IPAL untuk diolah secara terpadu TPST. Proses ini akan menghasilkan standar influen yang memenuhi persyaratan.

Dikatakan Basuki, instalansi pengolahan air limbah IKN yang terintegrasi dengan tempat pengolahan sampah terpadu bertujuan untuk menyinergikan pengelolaan sanitasi dalam satu lokasi sama.

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend