Warga Bogor Resah, Limbah Pabrik Sabun Cemari Aliran Sungai Ciliwung

oleh Ahmadi

Share via
  • Setiap izin usaha termasuk kegiatan laboratirium uji coba perlu mengantongi izin.

envira.id, Jakarta—Tim gabungan Pemkot Bogor, terdiri atas Satgas Naturalisasi Ciliwung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Satpol PP, BPBD, kecamatan, dan kelurahan melakukan investigasi mencari penyebab busa di aliran Sungai Ciliwung.

Tim juga menyegel gudang transit yang diduga membuang limbah ke aliran sungai. Dalam giat investigasi itu, DLH Kota Bogor mengambil sampel dan melakukan uji laboratorium dari gel yang ditemukan tim investigasi penyebab aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Kedunghalang berbuih.

“Sampelnya kita cek lagi mau dibawa ke laboratorium, jadi kita tahu kandungannya betul sabun atau bukan. Kalau kita lihat kan kasat mata itu sabun,” kata Kepala DLH Kota Bogor Denni Wismanto di Kota Bogor, Minggu (24/3)

Ia juga mengatakan, uji laboratorium akan berjalan selama sekitar dua pekan. Hasil sementara, ada dugaan gel tersebut merupakan sabun, yang bisa dilihat secara kasat mata dan dari baunya.

Tim juga menemukan, terduga pelaku mengaku gudang penyimpanan itu hanya merupakan tempat untuk uji coba gel tersebut.

Namun begitu, ia mengingatkan, para pemilik usaha perlu mengantongi izin untuk kegiatan laboratorium seperti yang diklaim itu.

“Kegiatan usaha harus berizin. Begini kan karena ketidakpahaman mereka berusaha. Memang harus ada peningkatan pengawasan,” kata Denni.

Munculnya busa di Aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Kedung Halang, pertama kali dilihat oleh warga pada Sabtu (23/3) pagi. Temuan itu selanjutnya dilaporkan kepada Satgas Naturalisasi Ciliwung, unsur wilayah, dan DLH Kota Bogor. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?