Tindakan Pilah Sampah di Kota Batam Sudah Mendesak

oleh Ahmadi

Share via
  • Pemerintah Kota Batam akan melakukan secara masif sosialisasi pentingnya pemilahan sampah ke warga.

envira.id, Jakarta—Kota Batam diprediksi akan memproduksi 1000 ton sampah per hari. Asumsinya, setiap orang menghasilkan 0,7—0,9 kilogram dan tanpa ada tindakan apapaun untuk mengatasinya.

Dari jumlah 1000 ton produksi sampah masyarakat Batam itu, sebanyak 40 persen sampah dapat di daur ulang menjadi barang bernilai dengan melakukan pilah sampah.

“Dengan produksi sampah kita masyarakat Batam, sarana TPA kita sangat terbatas untuk menampung itu. Jawabannya adalah dengan pilah sampah ini,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin saat sosialisasi pilah sampah dari rumah, Senin (13/11).

Jefridi mengatakan, dengan pengurangan sampah anorganik hingga 40 persen, selain bisa menambah penghasilan warga, juga mampu mengurangi volume sampah di TPA. Bersamaan dengan itu, keberadaan bank sampah menjadi sangat penting.

Dengan keterbatasan penampungan TPA, tambah dia, upaya sosialisasi pilah sampah ke warga menjadi salah satu langkah Pemerintah Kota Batam dalam mengatasi masalah sampah.

“Hingga akhir tahun, akan dilakukan sosialisasi serupa di 20 lokasi berbeda sebagai upaya mengurangi sampah di TPA Punggur,” katanya.

Untuk itu, Jefridin meminta dukungan dan kolaborasi dari masyarakat setempat untuk melaksanakan pilah sampah yang bisa dimulai dari rumah masing-masing.

“Mari kita laksanakan tugas mulia ini, karena sesuai ajaran di agama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Mohon di bantu supaya sampah tidak menjadi masalah serius bagi Kota Batam,” tuturnya.

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?