Sering Bikin Banjir, Pemprov Probolinggo Bersihkan Tumpukan Sampah di Saluran Irigasi Gending

oleh Ahmadi

Share via
  • Masyarakat diharapkan tidak membuang sampah seenaknya, terutama di sisi hulu saluran irigasi.

 envira.id, Jakarta—Banyaknya sampah yang tertumpuk di besi penyaring saluran irigasi di Desa Gending, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kabupaten setempat melakukan pembersihan secara besar-besaran.

Pembersihan sampah di saluran irigasi ini juga melibatkan tim dari Provinsi Jawa Timur, PT Sasa Inti dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Pembersihan dilakukan dengan alat bantu berupa truk kontainer pengangkut sampah.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahjo Saputra, berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di saluran irigasi. Karena tumpukan sampah di saluran irigasi tersebut seringkali menjadi penyebab banjir.

“Kami berharap sisi hulu saluran irigasi ini masyarakat juga tidak membuang sampah seenaknya. Perlu kesadaran dari masyarakat,” kata dia.

Untuk pengelolaan sampah, kata Hengki, desa juga harus menyiapkan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) karena TPS masuk kewenangan desa. Dan, dari TPS ke TPA yang merupakan masuk kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Menurut Hengki, untuk pembersihan sampah di saluran irigasi ini memang rutin dilakukan oleh DPUPR bersama dengan PT Sasa Inti serta DLH Kabupaten Probolinggo.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di saluran irigasi. Biasanya pembersihan sampah di saluran irigasi ini rutin dilakukan melihat kondisi di lapangan dan sampahnya sudah sejauh mana,” tuturnya. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend