Peran Swasta Penting untuk Mendorong Pengelolaan Sampah

oleh Ahmadi

Share via
  • Asia Pulp & Paper (APP) Group mendukung kemasan berbahan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang.

envira.id, Jakarta—Pengelolaan sampah menuju Indonesia Bersih 2025 tidak dapat dilakukan secara biasa-biasa saja. Diperlukan revolusi perubahan perilaku semua pihak untuk mengelola sampah dengan tuntas.

Karena itu, seluruh pihak harus memiliki pola pengelolaan sampah demi mencapai Indonesia Bersih limbah plastik sebesar 70 persen hingga 2025, target Nationally Determined Contribution (NDC) tahun 2030, dan target Zero Waste Zero Emission Tahun 2050.

Demi tujuan itu, Asia Pulp & Paper (APP) Group mendukung kemasan berbahan ramah lingkungan, yang dapat didaur ulang.

“Kami berharap ini bisa menjadi langkah awal untuk lebih banyak lagi kegiatan serupa yang mendukung pelestarian lingkungan,” kata Managing Director APP Group sekaligus Pembina Tzu Chi APP Thamrin Suhendra Wiriadinata dalam keterangan di Jakarta, Kamis (28/3).

Suhendra memastikan APP Group berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pengurangan sampah melalui berbagai inovasi dan solusi ramah lingkungan. Salah satu kegiatannya adalah membagikan takjil di bulan Ramadhan yang menggunakan kertas kemasan ramah lingkungan, yakni Foopak Greaseproof dan Enza.

Kedua jenis kemasan tersebut menawarkan keunggulan seperti dapat didaur ulang dan kompos, aman untuk kontak langsung dengan makanan, serta telah tersertifikasi FDA dan ISEGA.

“Bahan ini bisa menjadi solusi pengganti plastik sekali pakai,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, sektor pengelolaan sampah harus diperkuat sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan mensinergikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup juga harus dimasifkan sehingga dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend