Pemkot Jakut Ajak Warganya Aktif Kegiatan Mitigasi Perubahan Iklim

oleh Ahmadi

Share via
  • Selain membersihkan sampah, beberapa pohon baru juga ditanam untuk mengurangi polusi udara.

envira.id, Jakarta—Warga Jakarta Timur diajak untuk mengambil langkah aktif dalam memitigasi perubahan iklim di wilayah itu. Peran aktifnya dapat dimulai dari pengurus RT dan RW yang kemudian mengajak warga lainnya.

“Siapa berbuat apa, harus dibagi-bagi, dirancang setiap tahun. Kami minta partisipasi aktifnya untuk berbakti kepada masyarakat dalam menghadapi musim penghujan,” kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim di Jakarta Utara, Jumat (8/12).

Untuk mengefektifkan gerakan ini, Ali meminta pengurus RT/RW aktif berkomunikasi dengan aparat Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara agar aktivitasnya menjadi lebih terkoordinatif.

Langkah-langkah yang dilakikan Pemkot Jakarta Utara dalam memitigasi perubahan iklim di antaranya menambah jumlah pohon dan memangkas pohon yang membahayakan sepanjang tahun 2023 ini.

Penanaman pohon dilakukan di enam wilayah kecamatan di Jakarta Utara dalam periode satu tahun terakhir (Oktober 2022—Oktober 2023) sebanyak 31.133 pohon.

Adapun pohon yang dipangkas karena dianggap berbahaya mencapai 9.754 pohon, sejak Januari—Desember 2023.

Kegiatan lainnya adalah membersihkan sampah di Kali Banglio, Cilincing, dilakukan oleh Dandim 0502 Jakarta Utara dan DLH Jakarta Timur.

Pembersihan sampah di beberapa titik rawan tumpukan sampah sungai diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya banjir. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend