Pandawara Bersihkan Sampah di Pantai Kesenden Cirebon

oleh Envira ID
Kondisi sampah di Pantai Kesenden, Cirebon, Agustus 2023.

Share via
  • Pandawara mengajak 7.800 relawan atau volunter di Kota Cirebon untuk membersihkan pantai tersebut pada Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2023.

envira.id, Cirebon – Pandawara Group,  kelompok bersih-bersih sampah yang beranggotakan lima anak muda melakukan aksi beach clean up di Pantai Kesenden, Kota Cirebon.  Pandawara mengajak 7800 relawan atau volunter di Kota Cirebon untuk membersihkan pantai tersebut pada Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2023.

Aksi serupa pernah dilakukan  Pandawara di Pantai Sukaraja Provinsi Lampung pada Juli 2023.  Pada kegiatan tersebut, sebanyak 3.700 warga di  Lampung dikerahkan untuk membuat Pantau Sukaraja bersih dari sampah.

Menurut Gilang, salah seorang anggota Pandawara, pihaknya  sudah mengurutkan 10 pantai di daerah yang akan dibersihkan. Pantai Kesenden berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Pandawara merupakan Pantai terkotor no. 3 di Indonesia.

Namun, tidak ada penjelaskan detil mengenai indikator apa yang bisa memperkuat pemeringkatan tersebut. “Kita sudah mulai urutkan dari tingkat kerusakan ekosistemnya, banyaknya tumpukan sampah yang ada di bibir pantai sampai kualitas air di pantai itu,” kata Gilang.

Menurut informasi warga, kata Gilang,  sampah di Pantai Kesenden berasal dari aliran sungai yang mengalir ke muara.

Kegiatan bersih-bersih itu didukung oleh Lurah Kesenden, Ruliyanto. Ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut dalam kegiatan tersebut. Menurut dia, aktivitas bersih-bersih sampah yang digerakkan oleh Pandawara Group harus didukung dan diapresiasi.

PPLH Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Andi Ristianto mengapresiasi Langkah Pandawara melakukan bersih-bersih di Pantai Kesenden di Cirebon.

“Kami mendukung kegiatan bersih-bersih di pantai tersebut dan menyiapkan beberapa armada maupun alat yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Kesenden,” ucap Andi.

Menurut dia, tumpukan sampah yang ada di Pantai Kesenden disebabkan oleh pola membuang sampah sembarangan oleh warga yang tidak bertanggung jawab.

Padahal, menurut Andi, selama ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar sampah di kawasan tersebut bisa teratasi.

“Kami tidak tinggal diam dan sudah sering kali melakukan upaya pembersihan dan imbauan pencegahan,” ujarnya.

Disinggung mengenai Pantai Kesenden berada diperingkat ke-3 sebagai pantai terkotor di Indonesia, Andi menyatakan,  “Itu kan versi Pandawara. Kita belum tahu indikatornya apa sehingga Pantai Kesenden berada di peringkat tersebut.”

Penulis: Yohanes Charles

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?