Kotim Siapkan Sejumlah Aksi Tangani Sampah Lebaran

oleh Ahmadi

Share via
  • Tenaga dan alat pengangkut disiapkan sejak dini untuk menghindari sampah menumpuk di sejumlah titik, terutama tempat salat Id.

envira.id, Jakarta—Antisipasi membludaknya sampah jelang dan selama libur Idulfitri 1444 H, Kotawaringin Timur bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk minimnya petugas yang mengambil cuti bersama.

“Karena banyak petugas yang libur dan cuti saat Lebaran jadi tidak ada yang ngurus sampah, sehingga bertumpuk. Karena produksi sampah tempat kita ini banyak sekali, sehari saja sudah numpuk,” kata Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor beberapa waktu lalu.

Untuk itu, ia meminta jajaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar mengambil langka antisipatif segera. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya selalu terjadi penumpukan sampah di sejumlah depo, khususnya di Kota Sampit.

Halikinnor juga menekankan kepada DLH menyiapkan armada pengangkut sampah dan personil yang mengoperasionalkan jelang lebaran ini agar sampah tidak numpok di sejumlah TPS maupun TPA.

“Terutama terhadap armada pengangkutan sampah menjelang lebaran jangan sampai numpuk sampah,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim, Machmoer, mengungkapkan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya, membagi kelompok pekerjaan. Sedangkan untuk penanganan sampah yang kemungkinan mengalami lonjakan, pihaknya telah menyiapkan alat loader.

Tekait untuk tenaga kebersihan, akan bekerja sesuai prosedur yang dijalankan selama ini, seperti mengerahkan “pasukan”, baik tenaga penyapu jalan maupun tenaga sampah. Pihaknya juga mengantisipasi sampah di titik rawan seperti di tempat ibadah atau tempat salat Idulfitri. Biasanya sampah akan berserakan.

“Kami nanti coba menghubungi Kemenag titik mana saja yang akan digunakan untuk ibadah. Selain itu, sisa-sisa makanan setelah lebaran ini juga kami antisipasi, karena pasti banyak sampah dan itu akan segera ditangani,” katanya.  []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
Send this to a friend