Jakbar Siapkan 620 Personel Hadapi Serbuan Sampah di Pergantian Tahun 

oleh Ahmadi

Share via
  • Untuk menjaga kota tetap bersih, ratusan personel dibantu puluhan kendaraan unit pengelola limbah.

envira.id, Jakarta—Mengantisipasi lonjakan sampah selama perayaan tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat mengerahkan 620 personel yang terdiri dari Suku Dinas Sumber Daya Air dan Sudin Lingkungan Hidup.

“Kami ingin memastikan setiap sudut kota tetap bersih,” kata Kepala Sudin LH Jakbar Achmad Hariadi di Jakarta, Jumat (29/12).

Untuk pekerjaan tersebut, Achmad mengatakan, personel akan dibagi dalam dua sif, yakni sore hingga pukul 24.00 WIB, dan dilanjutkan pukul 24.00 WIB sampai pagi.

Namun begitu, sambung Achmad, personel akan dipusatkan pada sif sore hingga dini hari. Kelancaran operasional akan dibantu oleh petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Enam puluh persen akan bekerja pada sore hingga malam hari,” tandasnya.

Sedangkan armada penunjang yang akan diterjunkan ada 33 unit, yang terdiri dari 8 mobil penyapu jalan (road sweeper), 20 unit truk jungkit, dan 5 unit bus toilet

Sedangkan titik fokus penanganan terdapat di Kota Tua, Kantor Wali Kota, dan Sentra Primer Barat (SPB).

Pada kesempatan tersebut, Ahmad meminta warga yang ikut berpartisipasi membantu pengendalian sampah selama Tahun Baru dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sebagai informasi jumlah sampah yang dihasilkan pada pergantian tahun 2022—2023, sebanyak 12,8 5 ton sampah.[]

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend