Jakarta Komitmen Turunkan Emisi Karbon

oleh Ahmadi

Share via
  • DKI secara ambisius turunkan 50 persen emisi gas rumah kaca pada 2030

envira.id, Jakarta—DKI Jakarta menegaskan komitmennya untuk menurunkan emisi karbon dan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mencapai Low Carbon Society.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menghadiri COP28 (Conference of The Parties 28) Local Climate Action Summit, pada 1-2 Desember 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

COP merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim bagi pemimpin dunia yang mendiskusikan langkah-langkah dalam mengatasi perubahan iklim di masa depan. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-28.

“Jakarta berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen dan secara ambisius sebesar 50 persen pada 2030. Kami juga menargetkan nol emisi pada 2050,” kata Heru dalam keterangannya, Minggu (3/12).

Untuk diketahui, Local Climate Action Summit menjadi pertemuan pertama dalam perhelatan COP28 yang mengakui peran penting para pemimpin kota dalam mengurangi emisi, mengatasi risiko iklim, dan meningkatkan upaya nasional untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat dalam kemajuan aksi iklim.

Melalui konferensi ini, diharapkan kota-kota dunia dapat memimpin aksi percepatan iklim melalui sejumlah sektor. Mulai dari investasi pada infrastruktur transportasi publik, transisi menuju energi terbarukan, memprioritaskan udara bersih, serta menciptakan lapangan kerja dalam ekosistem ekonomi yang ramah lingkungan (green job). []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend