Dorong Produktivitas, PLN Berikan Bantuan Pengelolaan Sampah untuk Disabilitas

oleh Ahmadi

Share via
  • Bantuan PLN dapat meningkatkan produktivitas disabilitas hingga 20 20 persen.

envira.id, Jakarta—Peran berbagai pihak untuk ikut mengelola sampah menjadi sangat penting, termasuk dari sektor industri. PT. PLN (persero) menyadari hal itu.

Menggandeng Yaysan Kaki Kita Se-Nusantara (YKKS) di Desa Bengkala Bulelang, Bali, perusahaan setrum milik negara itu ingin memberikan kepedulian terhadap kelompok disabilitas yang ingin ikut melakukan pengolahan sampah.

“Kami berharap bantuan ini dapat memberikan kesempatan dan memberdayakan penyandang disabilitas, sehingga mampu mandiri dan perekonomian meningkat,” kata Manajer Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi (UID) Bali Made Arya, Selasa (5/12).

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan ini bagian dari bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dan memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Alat-alat dari PLN yang diberikan kepada YKKS di antaranya pengembangan dapur produksi, tiga buah mesin berbasis listrik, serta mesin pendukung lainnya untuk membantu produksi kaki palsu dari bahan daur ulang sampah plastik.

Selain alat-alat itu, PLN juga memberikan pelatihan pemasaran digital oleh Smile Education.

Sebagai informasi, YKKS yang berpusat di Desa Bengkala, Bulelang fokus pada penyediaan kaki palsu bagi penyandang disabilitas.

Sejauh ini sudah ada 22 orang yang telah menerima bantuan kaki palsu bagi penyandang disabilitas, terutama masyarakat tak mampu akibat amputasi yang disebabkan diabetes.

Ketua YKKS I Made Aditiasthana mengatakan, bantuan ini sangat membantu para disabilitas meningkatkan produktivitasnya, yang mencapai 20 persen.

“Tugas besar kita adalah bagaimana membawa penyandang disabilitas itu menjadi lebih produktif, dan semangat tidak pernah surut, serta menjadi subjek atau pelaku di masyarakat,” kata Aditiasthana. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend