Berkah Ramadan, Bagi-Bagi THR dari Pilah-Pilah Sampah

oleh Ahmadi
  • Cara-cara kreatif pengelola bank sampah untuk memikat nasabah memilah sampah dan rajin menimbang perlu diapresiasi. Esensinya, sampah dapat optimal dikelola.

envira.id, Jakarta—Ramadan memberikan berkah bagi para nasabah Bank Sampah Pari Bersih Berseri di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Sebanyak 25 nasabah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang diambil dari pengumpulan sampah.

 “THR tersebut diambil dari keuntungan bank sampah dan sebagai bentuk penghargaan kepada nasabah yang rajin menimbang sampah pilah,” kata Ketua Bank Sampah Pari Bersih Berseri, Sumiati, Kamis, 30 Maret 2023.

THR yang diberikan berupa parcel, terdiri dari sirup, beberapa kebutuhan pokok dan kue-kue kaleng. Sumiati berharap pembagian THR ini dapat memberikan semangat bagi nasabah untuk memilah-milah sampah dan menimbang di bank sampah.

Ia mengatakan, bank sampah yang berlokasi di RT 02/04 ini berdiri sejak tahun 2019 dengan jumlah nasabah aktif 25 orang. Dari jumlah itu, omset yang didapat mencapai 2,7 juta per tiga bulan.

Yang jelas, kata Sumiati, tujuan dibangunnya bank sampah di lokasi saat ini bertujuan untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan sambil membantu ekonomi masyarakat. Diharapkan warga di Pulau Pari diharapkan bisa terbiasa untuk memilah sampah organik dan anorganik. Jenis sampah yang disetor ke bank sampah biasanya gelas plastik, botol, kaleng, besi dan sejenisnya.

“Jumlahnya bervariasi setiap menimbang. Per bulan bisa mencapai satu kwintal, bahkan lebih,” katanya.

Sekadar informasi, data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) menyebutkan, jumlah timbulan sampah tahun 2022 di Kepulauan Seribu sebanyak  1.720,40 ton. Bila dilihat secara persentase, jumlah pengurangan sampah terbesar terjadi di Kepulauan Seribu (26,3%).

Selanjutnya, penanganan sampah di Kepulauan Seribu di tahun 2022 sebanyak 4.781,56 ton.   Sedangkan penanganan sampah sebanyak 73,21%. Adapun sampah terkelola sebanyak 6.501,95 ton. Artinya,  persentase sampah terkelola di Kepulauan Seribu sebesar  99,55%.

Upaya Sumiati memberikan THR bagi nasabah aktif dan rajin menimbang sampahnya, mendapat apresiasi dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso. Ia melihat kreativitas yang ditunjukkan Sumati patut ditiru bank sampah lainnya.

“Saya hargai juga upayayang lain, karena setiap pengelola punya cara masing-masing. Saya berharap para nasabah ini konsisten terhadap kegiatan mereka dalam menjaga lingkungan,” katanya. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?