Berdayakan Masyarakat, Pemkot Tangsel Dorong Kolaborasi Melalui CSR

oleh Envira ID

Share via

envira.id, Tangerang Selatan –  Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengapreasi kolaborasi antara Tim Fasilitasi Corporate Social Responsibility (CSR) Tangsel dengan pihak swasta yang turut serta membangun dan memberdayakan masyarakat Tangsel. Atas partisipasi pihak swasta Tim Fasilitasi CSR Tangsel memberikan  penghargaan kepada 29 perusahaan dari berbagai bidang.

Perusahaan itu antara lain adalah rumah sakit, bank, universitas, BUMD, yayasan, perumahan, produsen rokok, hingga perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan. Mereka telah berkontribusi pada program CSR 2022-2023. Ketua Tim CSR Tangsel Lista Hurustiati dan Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyerahkan langsung perhargaan tersebut.

“Kami menyadari pembangunan Kota Tangsel ini harus bersinergi dengan banyak pihak, dan perusahaan swasta adalah mitra strategis yang amat penting dalam pelaksanaanya. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih, semoga kerjasama ini bisa terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” kata Walikota Tangsel Benyamin Davnie pada acara CSR Award, di kantor Pemkot Tangsel, Jumat malam, 15 Desember 2023.

Program CSR yang merupakan kolaborasi Tim Fasilitator dan sektor swasta ini, menurut Davine sangat membantu Pemerintah dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Ia menyebutkan, APBD Tangsel Rp4,6 triliun, jumlah tersebut cukup besar, tapi setelah dibagi dengan jumlah penduduk sebanyak 1.400.000 jiwa, maka jumlahnya menjadi kecil. Belum lagi Pemkot wajib memberikan pelayanan publik dan mengatasi berbagai persoalan warga.

Persoalan yang dihadapi Tangsel, lanjut Davnie, antara lain adalah masih adanya masyarakat yang berada di garis kemiskinan sebanyak 1,2 persen, kemiskinan ekstrim yang daya belinya 10-15 ribu, dan 3 persen pengangguran.

“Kolaborasi ini menjadi harmoni dalam membangun Tangsel, melalui berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat,” ujar Davnie.

Ketua Tim Fasilitator Tangsel Lista Hurustiati dalam kata sambutannya menyatakan, sejak didirikan di tahun 2020, TimFas CSR ini langsung berhadapan dengan Pandemi Covid19. Sehingga program yang dijalankan antara lain memberikan APD, masker, vaksinasi, hingga sembako kepada masyarakat.

“Pada 2022, tim memfokuskan pada program sanitasi dengan membangun septic tank dan pada 2023, tim mulai menggarap isu lingkungan, sampah, pendidikan, pemberdayaan UMKM dan industri kreatif, hingga pemberdayaan bagi perempuan dan anak rentan,” kata Lista.

Direktur Utama Saf Envira Persada Fitri menyatakan sangat antusias dapat bekerja sama dengan tim Fasilitator SCR Tangsel yang membuat program-program pemberdayaan Masyarakat hingga isu lingkungan. “Kami bersyukur mendapat penghargaan ini, semoga kita bisa terus berkontribusi untuk mendorong isu-isu lingkungan lebih baik lagi,” kata Fitri.

Penulis: Enisa 

Foto: Enisa 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Send this to a friend