Bank Sampah Al Barkah Mampu Tingkatkan Penghasilan Petugas PPSU

oleh Ahmadi

Share via
  • Sambil bekerja, Aziz mampu menghasilkan tambahan hingga Rp500 ribu setiap bulan. Perlu ketekunan dan konsistensi

envira.id, Jakarta—Bagian penting dari upaya mengatasi sampah adalah keberadaan Bank Sampah. Termasuk yang dilakukan para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kembangan Selatan.

Para petugas ini memberikan nama Bank Sampah (BS) Al Barkah untuk unit yang berlokasi di Jalan Kembang Abdi Utama Blok A1, RT 01 RW 08, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Pengumpulan sampah anorganik dari BS AL Barkah bisa dibilang lumayan. Dalam sebulan, tempat ini mampu mengumpulkan satu ton sampah, terdiri dari kardus, kertas, botol, gelas air mineral, dan besi.

Ketika awal didirikan pada 2 Oktober 2017, jumlah nasabah masih sangat sedikit. Tetapi, 10 petugas yang menangani BS itu tak gampang menyerah. Mereka melakukan penimbangan setiap hari sekitar pukul 16.00 WIB.

Lambat laun, jumlah nasabah terus meningkat hingga saat ini sudah berjumlah 158 orang, terdiri dari 128 petugas PPSU dan 30 orang warga setempat. “Alhamdulillah bisa diterima dengan baik,” kata Ketua BS Al Barkah, Baharuddin, akhir pekan ini.

Untuk memudahkan pencairan dan pembukuan, kata Baharuddin, pihaknya bekerja sama dengan Bank BNI untuk pembuatan rekening.

Ia mengatakan, tujuan dibentuknya BS Al Barkah, selain untuk membantu pemerintah mengurangi volume sampah anorganik yang dibuang ke TPA, juga untuk memberikan manfaat ekonomi bagi para nasabah bank sampah ini.

“Setiap hari kami minimal menimbang 40 kilogram sampah anorganik. Selanjutnya kami bawa ke Bank Sampah Induk di Asrama Sudin Kebersihan Jakarta Barat di Cengkareng,” katanya.

Aziz (36), salah satu nasabah yang juga petugas PPSU Kelurahan Kembangan Selatan mengaku sangat terbantu dengan keberadaan bank sampah ini. Dari pengumpulan sampah yang dilakukannya sambil bertugas, Aziz mengaku mampu mendapatkan tambahan hingga Rp500 ribu dari penimbangan sampah.

Ditambahkan Lurah Kembangan Selatan, RM Pradana Putra, pihaknya mendukung keberadaan dan pengelolaan BS Al Barkah oleh petugas PPSU. Terlebih, aktivitas yang dilakukan juga ikut membantu pemerintah khususnya dalam mengurangi jumlah volume sampah yang dibuang ke TPA. []

Penulis: Ahmadi Supriyanto

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?